OCIC Mengajari untuk Berani

Bagi desainer muda, bukan hanya hambatan kemampuan teknis dalam berkarya. Tapi juga terkait mental dan kepercayaan diri. Pengalaman ini dirasakan oleh Miladi Muhammad atau akrab disapa Emil, salah satu pemenang OCIC (Open Call Indonesia Creaituve) 2019.

“Kadang desain sudah ada, tapi untuk mengirimkannya nggak pede,” kata Emil, mahasiswa tingkat akhir ISI (Instititut Seni Indonesia) Surakarta. Hal yang sama juga dirasakan oleh teman-teman Emil yang menjelaskan mengapa mahasiswa atau desainer muda tak banyak yang gigih ikut lomba.

“Saya pun awalnya juga begitu. Tapi setelah melihat dari senior yang juga masih muda dan berkarya, saya termotivasi. Saya coba, hasilnya tergantung Allah saja,” katanya.

Miladi Muhammad (Emil)

Kekhawatiran yang kemudian menjadikan tidak percaya diri karena minder dengan para seniornya. Khawatir jika desainnya sangat jelek sehingga jadi hinaan. Hal inilah yang menjadikan desainer muda kerap kali enggan untuk berkarya secara mandiri.

Menurut Emil, ketika memberanikan diri ikut OCIC, ia taka berharap menang. Yang pentin berani dulu. Bila akhirnya kemudian terpilih, Emil mendapatkan banyak manfaat. Selain karyanya bisa dipamerkan di Salone del Mobile, pameran desain dan interior terpenting dunia, Emil mendapat banyak pelajaran pada saat proses pembuatan.

“Ada tahap penyempurnaan desain dan mentoring. Ini yang menjadikan jadi punya banyak ilmu,” tambah Emil.

Desain yang mengang disempurnakan sehingga cocok untuk produksi di pabrik dan target pasar. Abbasource pun memiliki jaringan pabrik tempat karya para desainer muda ini bisa direalisasikan. Pabrik yang memiliki pengalaman khusus untuk membuat desain khusus. Jadi, setiap pemenang mendapatkan pabrik masing-masing sesuai dengan desainnya.

Pemeran Salone del Mobile, Milano

Proses konsultasi dan penyempurnaan desain ini dipandu oleh mentor dari Abbasource dan juga HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia). Pengetahuan untuk memperluas pemikiran para desainer tanpa mengubah karakter dasar dari desain.

“Dari pengalaman saya, untuk teman-teman desainer muda, jangan takut submit ke OCIC,” demikian imbau Emil. Selain itu juga terus belajar dan berkarya. Coba-coba terus mencari kesempatan dan jangan pernah minder.

WhatsApp chat